Tutorial dan Cara Pakai

Stok Produk

 

Bagi semua pelaku usaha retail hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah stok ketersediaan barang. Stok barang perlu diperhatikan dalam memenuhi permintaan dari konsumen. Jika tidak memiliki stok barang yang mencukupi sama halnya dengan mengambil resiko untuk kehilangan konsumen, sebaliknya jika memiliki stok barang yang terlalu banyak akan merugikan bagi pelaku usaha. Dengan demikian memiliki inventory management yang efisien dinilai sebagai hal yang penting dan menguntungkan bagi pelaku usaha retail.

Untuk mengetahui data stok produk Anda dan melihat laporan keluar masuknya stok produk, Anda dapat melihat di menu Produk > Stok Produk. Disini Anda dapat melihat data produk yang sudah Anda input beserta jumlah stok barang nya. Di menu ini Anda juga dapat menambah/mengurangi jumlah stok per produk.

Melihat Detail Stok Produk

Untuk melihat Detail Stok atau alur keluar masuk stok barang, Anda dapat mengklik pada Angka yang ada di dalam label biru. Setelah itu akan muncul Detail dari stok barang Anda, mulai dari Stok awal sampai ke penjualan.

– Keterangan: Adalah deskripsi untuk mengetahui kemana stok Anda mengalir. (Stok Awal – Otomatis keisi saat Anda input stok barang dalam menu “Tambah Produk”. Sedangkan Keterangan Order juga Otomatis terisi saat order terjadi.)

– Stok In: Adalah jumlah saat ada penambahan stok dari gudang.

– Stok Out: Adalah jumlah saat ada pengurangan stok baik saat terjadi penjualan ataupun dikurangi manual.

– Stok Akhir: Adalah jumlah akhir dari stok barang Anda baik setelah terjadinya stok masuk ataupun adanya stok yang keluar.

Menambah atau Mengurangi Stok

Anda dapat menambah stok barang Anda jika ada penambahan produksi baru atau mengurangi stok barang Anda jika ada ketidaksesuain jumlah stok barang yang ada di Invent dan yang ada di gudang Anda.

Untuk melakukan itu Anda cukup klik pada icon setting di menu “Stok Barang” maka akan muncul menu Tambah dan Kurang. Atau klik tombol Tambah atau Tombol kurangi di halaman Detail Stok.

Setelah Anda mengklik tombol itu maka akan keluar form untuk menambah stok seperti gambar di bawah ini. Masukan jumlah stok yang ingin Anda tambahkan atau kurangi. Lalu klik OK.

Setelah menekan OK, maka selanjutnya adalah memasukan keterangan. Jika sudah selesai, klik OK. Stok Anda akan otomatis bertambah dan tercatat pada detail stok.

Note* Jika mempunyai beberapa varian produk maka akan keluar popup untuk memilih varian yang akan ditambah atau dikurangi stoknya.

Tidak menemukan jawaban yang dicari? Kami di sini untuk membantu Anda.
Shopping Basket