Tutorial dan Cara Pakai

Menambah Produk

Dengan menggunakan invent, Anda bisa menambah produk sesuai dengan pilihan member yang Anda pilih. Jadi, tidak usah khawatir jika Anda memiliki banyak produk.

Anda perlu meng-input-kan produk atau barang Anda sehingga Anda dapat mencatat dan mengelola orderan nantinya. Menambah produk dapat dilakukan dengan mengakses menu Produk > List Produk > Tambah Produk,.

Pada halaman tambah produk Anda dapat mengisi form yang telah tersedia. Mengenai penjelasan dari semua form-nya adalah sebagai berikut :

1. Nama Produk: Nama dari produk Anda yang akan ditambahkan.
2. Link Produk: Link halaman order form untuk produk Anda (otomatis terisi tapi jika terlalu panjang Anda masih bisa mengeditnya).
3. Jenis Produk: Jenis dari produk yang anda jual. Ada 3 kategori jenis produk yang kita sediakan, Produk Digital, Produk Jasa dan Produk Ecommerce.
4. Brand/Supplier: Ada 2 kategori Brand/Supplier yang kita sediakan, Barang stok sendiri atau Barang stok supplier. (Ini akan menjadi default alamat pengiriman nantinya)
5. Kategori: Kategori dari setiap produk yang ditambahkan. Misalkan Anda menjual Pakaian, maka kategori produk tersebut adalah Baju/Fashion. Anda dapat menambahkan kategori dengan mengklik Add atau ke menu Produk >Kategori Produk.
6. Keterangan Produk: Detail produk atau deskripsi mengenai produk yang Anda jual.
7. Berat Produk: Tambahkan berat dari produk Anda, masukan dalam format Gram.
8. Produk Baru: Centang ini jika produk Anda adalah produk baru.
9. Produk Bekas: Centang ini jika produk Anda adalah produk bekas.
10. Varian: Jika produk Anda mempunyai beberapa varian maka klik pada icon toggle maka akan muncul keterangan untuk menambahkan varian dari produk Anda. (lihat No. 19)
11. Grosir: Fitur ini akan memudahkan Anda yang menerima orderan dalam jumlah yang banyak untuk produk yang sama (pembelian grosir). Anda cukup mengaktifkan toggle Harga Grosir, kemudian input rentang jumlah item dan harga per satuannya.

12. Harga Reseller : Jika Anda ingin memberikan harga khusus reseller, maka centang box reseller. Maka akan muncul form harga reseller.
13. Harga Agen : Jika Anda ingin memberikan harga khusus agen, maka centang box agen. Maka akan muncul form harga agen.
14. Harga Dropshipper : Jika Anda ingin memberikan harga khusus dropshipper, maka centang box dropshipper. Maka akan muncul form harga dropshipper.
15. Harga Distributor : Jika Anda ingin memberikan harga khusus distributor, maka centang box distributor. Maka akan muncul form harga distributor.
16. Diskon: Centang ini jika Anda ingin menambahkan diskon, lalu pilih diskon dalam bentuk persen (%) atau Rupiah (Rp).
17. Katalog: Anda dapat mengunggah gambar/foto produk yang ingin ditambahkan dengan ukuran gambar maksimal 3 MB.
18. SKU: SKU (Stock Keeping Unit) yang merupakan kode unik yang diberikan kepada setiap item produk baik yang dibeli maupun dijual. Fungsinya untuk mempermudah Anda untuk berjualan apabila memiliki produk yang cukup banyak.
19. Harga Pokok : Harga modal yang anda keluarkan saat membuat/membeli produk anda.
20. Harga Jual : Harga dari produk yang Anda jual. 
21. Keterangan : Jika Anda mempunyai banyak varian produk maka anda dapat memasukan detail keterangan varian dari produk Anda seperti warna atau pun size.
22. Stok Produk: Detail dari stok barang Anda. Ada 3 pilihan dalam tabel Stok Barang:

  • Selalu Tersedia: Jika anda memproduksi/menjual barang dengan stok tak terbatas maka anda dapat memilih opsi ini selanjutnya masukan jumlah stok anda.
  • Stok terbatas: Jika anda memproduksi/menjual barang dengan stok yang terbatas maka anda dapat memilih opsi ini selanjutnya masukan jumlah stok anda.
  • Stok habis: Jika Stok produk anda habis (tidak Anda jual lagi) maka anda dapat memilih opsi ini.

Note: jika Anda menerapkan sistem pre-order yang dimana belum ada stok, maka Anda tetap harus menambahkan jumlah stok atau kisaran barang yang akan diproduksi. Karena ini tujuannya untuk alur stok jika ada penjualan terjadi.

23. Add varian : Tombol untuk menambah varian produk.
24. Rentang : Jika mencentang harga grosir, maka akan muncul form rentang harga.
25. . Staff Reference : Orang yang menginput/menambah produk untuk mengetahui dalam laporan siapa yang menginput produk sehingga akan ketahuan jika ada kesalahan dalam penginputan.
26. Staff Sales: Orang yang bertanggung jawab atas penjualannya.

Simpan Produk: Jika anda sudah selesai mengisi semua form maka selanjutnya adalah menyimpan data anda dengan mengklik tombol “Simpan Produk”.

Note: Sebelum menyimpan Produk, Pastikan data yang Anda masukan semua sudah benar. Agar tidak terjadi salah input data.

Tidak menemukan jawaban yang dicari? Kami di sini untuk membantu Anda.
Shopping Basket