Tutorial dan Cara Pakai

Mengelola Orderan

Dengan pengelolaan data penjualan yang benar Anda dapat melakukan optimasi dengan mudah untuk meningkatkan penjualan. Proses pencatatan pesanan yang masuk dan aktivitas penjualan Anda, mulai dari jumlah order, pengiriman hingga invoice jadi lebih mudah, cepat dan rapih dengan menggunakan Invent.

Untuk melihat semua data orderan yang masuk Anda dapat melihatnya di menu List Order. Pada menu List Order ini Anda dapat mengatur dan mencatat semua data orderan Anda. Caranya klik Menu Sales > List Order. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Pengenalan Menu List order.

1. Tambah Order. Jika Anda melayani orderan yang masuk secara manual maka Anda dapat menambahkan data orderan tersebut dengan mengklik tombol “Tambah order”.

2. All Order. Adalah jumlah semua data orderan Anda.

– Box Search untuk memudahkan Anda mencari data orderan.

3. Status. Anda dapat memfilter dan menampilkan data order berdasarkan status order. Seperti, belum bayar, Sudah bayar, proses pengiriman dan sukses atau sudah terkirim.

4. Customer. Anda dapat memfilter dan menampilkan data orderan berdasarkan kategori customer.

5. Order. Anda dapat memfilter dan menampilkan data orderan berdasarkan sumber order. Seperti, order manual, order melalui form atau private order.

6. List orderan. Disini Anda dapat melihat semua data orderan yang masuk. Dalam tabel List Order ada beberapa kolom seperti;

– Order ID. Nomor orderan atau invoice.

– Produk. Daftar nama produk yang dipesan.

– Pelanggan. Daftar nama pelanggan yang melakukan order.

– Tgl Order. Tanggal orderan masuk.

– Jumlah. Total harga orderan.

– Status. Status orderan. Ada 6 status orderan yang Invent sediakan. Seperti.

  1. Belum Bayar: Saat pembeli melakukan order maka statusnya otomatis belum bayar.
  2. Down Payment (DP): Jika pelanggan Anda melakukan pembayaran dengan sistem DP, maka statusnya adalah Down Payment (Khusus Mnual Order.
  3. Konfirmasi. Jika pelanggan Anda sudah membayar dan melakukan konfirmasi order maka statusnya akan otomatis berubah jadi Konfirmasi. Disini Anda harus mengkonfirmasi pembayaran dengan cara klik label konfirmasi kemudian akan muncul popup detail konfirmasi pembayaran dari pembeli.
  4. Sedang Diproses. Jika sudah Anda konfirmasi maka status order akan otomatis berubah jadi Sedang Diproses. Maka Anda harus segera menyiapkan barang untuk segeram dikirim.
  5. Proses Pengiriman. Jika Anda sudah memasukan No Resi maka status order akan berubah jadi Proses pengiriman.
  6. Sukses. Barang sudah sampai ke pelanggan.

– Follow Up. Anda dapat melakukan Follow Up melalui whatsapp dan email kepada pelanggan yang belum bayar. Caranya cukup klik pada Icon whatsapp atau email Nanti akan muncul text box untuk memasukan pesan Anda.

– Action. Kolom Action untuk melihat detail orderan, meng-edit orderan, Invoice dan Label Pengiriman.

7. List order Cancel dan Order retur. Pada tabel ini juga Anda dapat melihat list order yang cancel ataupun orderan yang di retur. Untuk melihatnya klik di samping List Order.

Tidak menemukan jawaban yang dicari? Kami di sini untuk membantu Anda.
Shopping Basket