Tutorial dan Cara Pakai

Mencatat Manual Order

Solusi bagi Anda yang masih melayani pembeli dengan proses manual. Proses semua pesanan yang masuk lebih mudah karena terhubung dengan data Pelanggan, Produk & Supplier.

Jika Anda melayani orderan yang masuk secara manual maka Anda dapat menambahkan data orderan tersebut dengan mengklik tombol “Tambah order” di menu Sales > List Order > Tambah Order.

Pilih salah satu tipe order yang akan ditambahkan, diantaranya Produk Digital, Produk Jasa dan Produk Ecommerce. Setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Data Orderan

Pada kolom sebelah kiri Anda harus memasukan data orderan Anda.

1. Klik pada box “Search for…” untuk mencari dan menambahkan produk yang dipesan. Produk yang Anda pilih akan muncul pada tabel beserta detailnya.

2. Pilih alamat pengirim dan pelanggan yang membeli produk Anda, setelah itu akan muncul detail tujuan pengiriman.

– Dikirim dari: yaitu data supplier. Jika Anda menjual atau menyetok produk sendiri maka suppliernya adalah Anda sendiri. Anda dapat mengisi data toko/brand Anda di Menu Setting > Profile Bisnis. Jika Anda menjual produk orang lain atau Anda bertindak sebagai Dropshipper yang dimana produk Anda dikirim dari supplier ke pelanggan Anda. Anda dapat mengisi data supplier di menu Contact > Supplier.

– Pelanggan: yaitu data pelanggan yang sudah Anda catat sebelumnya di Menu Customer.

Khusus pelanggan dengan kategori Reseller, Dropshipper, Agen, Distributor, Anda dapat menerapkan sistem dropship. Jika Anda memilih kategori pelanggan tersebut maka akan muncul opsi “Ubah Alamat Pengiriman”

Pilih Ubah Alamat Pengiriman, maka akan muncul pop-up seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya Anda dapat mengedit Nama pelanggan beserta alamat tujuan pengiriman. Anda juga dapat memasukan detail toko dropshipper Anda.

3. Jika Anda memberikan diskon, Anda dapat memilih diskon berupa Persen (%) atau Rupiah (Rp.) . Anda juga bisa menginputkan Biaya Asuransi dan Biaya Lain (jika ada) pada setiap data order. Dengan mengaktifkan tombol toggle pada opsi tersebut.

4. Ongkos Pengiriman. Anda dapat memilih Ekspedisi pengiriman untuk menghitung secara otomatis biaya pengiriman.

Kami menyediakan 3 opsi yaitu:

– Ekspedisi: layanan ekspedisi yang kami sediakan seperti 21 Express, ESL Express, FIRST LOGISTICS, INDAH LOGISTIK CARGO, JET EXPRESS, JNE, J&T, NCS, NSS EXPRESS, PAHALA, PANDU LOGISTICS, PCP EXPRESS, POS INDONESIA, RPX, SAP, SICEPAT, STAR CARGO DAN TIKI.

– Custom Ekspedisi: Jika layanan jasa pengiriman tidak tersedia pada sistem kami maka Anda dapat memilih Custom Ekspedisi lalu masukan detail seperti Nama ekspedisi, pake jasa dan biaya pengirimannya.

– Gratis Ongkir: Kami juga menyediakan opsi Gratis Ongkir, Anda dapat memilih opsi ini jika memang tidak ada biaya pengiriman atau sedang dalam masa promosi. (COD atau barang langsung diambil tanpa adanya proses pengiriman)

Jika Anda memilih Ekspedisi yang kami sediakan, maka akan muncul pilihan ekspedisinya beserta detail paket dan biayanya. Selanjutnya Anda tinggal pilih layanan ekspedisinya kemudian klik tombol “Selesai” seperti pada gambar di bawah ini. (Layanan ekspedisi dapat Anda tentukan pada menu “Setting > Jasa Pengiriman”).

* Perlu dicatat bahwa tidak semua kota mendukung semua expedisi tersebut, Invent hanya menampilkan kota yang tersedia berdasarkan data yang ada.

5. Order Via. adalah sumber/media dimana datangnya orderan Anda. Hal ini untuk mencatat seberapa banyak orderan Anda di setiap media yang Anda gunakan sehingga Anda tahu seberapa efektifnya media tersebut terhadap penjualan.

Pertama, pilih medianya lalu. Kedua, masukan keterangan. Contoh: Media > Whatsapp. Keterangan > No Whatsapp. Jika Anda memilih Facebook sebagai media, maka masukan nama facebook Anda dalam keterangan.

6. Staff. Orang yang menginput/mencatat orderan (otomatis terdeteksi) untuk mengetahui dalam laporan siapa yang mencatat orderan tersebut sehingga akan ketahuan jika ada kesalahan dalam penginputan.

7. Detail Orderan.

Pada kolom sebelah kanan Anda dapat melihat detail orderan yang sudah Anda input sebelumnya Seperti Total Produk, Quantity, Berat, total bayar dan lain-lain. Disini Anda dapat mereview terlebih dahulu orderan Anda agar tidak terjadi kesalahan input.

8. Kode Kupon. Silahkan masukan Kode Kupon yang telah diberikan. Anda dapat menambah Kode Kupon pada Menu Sales > Kupon > Tambah Kupon.

9. Tanggal Order. Silahkan Pilih tanggal orderan masuk.

10. Status Bayar. Kami menyediakan 3 opsi status pembayaran yaitu; Belum Bayar, Cicil (DP), dan Sudah Bayar. Jika Anda memilih Cicil (DP) atau Sudah Bayar, Maka akan muncul Bank tujuan pengiriman pembayaran. Kami juga menyediakan Opsi pembayaran Cash (Anda dapat memilih opsi ini jika Anda menerapkan sistem COD).

Jika Anda memilih Bank, maka akan muncul data bank sebagai metode pembayaran Anda. Pilih data bank lalu masukan tanggal transfer dan nominal pembayarannya.

11. Keterangan. Masukan keterangan order disini.

12. Mengirim order Detail. Jika Anda ingin mengirim detail orderan secara otomatis melalui email  kepada pelanggan, maka centang box disamping “Kirim Order Detail Ke Pelanggan?”.

13. Simpan. Jika data yang Anda masukan sudah benar pilih “Simpan” untuk menyimpan data orderan Anda. Data orderan yang sudah Anda simpan akan muncul di list Order.

Tidak menemukan jawaban yang dicari? Kami di sini untuk membantu Anda.
Shopping Basket