Mencatat Orderan

Anda dapat mencatat setiap orderan yang masuk di toko online Anda disini. Orderan baru dapat Anda tambahkan melalui menu Penjualan > Tambah Penjualan.

Data Orderan

Pada kolom sebelah kiri Anda harus memasukan data orderan Anda.

1. Klik pada box “Cari Produk” untuk mencari dan menambahkan produk. Produk yang Anda pilih akan muncul pada tabel beserta detailnya.

2. Pilih alamat pengiriman dan pelanggan yang membeli produk Anda, setelah itu akan muncul detail tujuan pengiriman.

Dikirim dari: yaitu data supplier. Jika Anda menjual atau menyetok produk sendiri maka suppliernya adalah Anda sendiri. Anda dapat mengisi data toko/brand Anda di Menu Setting – Profile Brand. Jika Anda menjual produk orang lain atau Anda bertindak sebagai Dsrophiper yang dimana produk Anda dikirim dari supplier ke pelanggan Anda. Anda dapat mengisi data supplier di menu Setting – Supplier.

Pelanggan: yaitu data pelanggan yang sudah Anda catat sebelumnya di Menu Customer.

Khusus pelanggan dengan kategori Reseller, Dropshipper, Agen, Distributor, Anda dapat menerapkan sistem dropship. Jika Anda memeilih kategori pelanggan tersebut maka akan muncul opsi “Ubah Alamat Pengiriman”

Pilih Ubah Alamat Pengiriman, maka akan muncul pop-up seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya Anda dapat mengedit Nama pelanggan beserta alamat tujuan pengiriman. Anda juga dapat memasukan detail toko dropshiper Anda.

3. Jika Anda memberikan diskon, Anda dapat memilih diskon berupa Persen (%) atau Rupiah (Rp.) . Anda juga bisa menginputkan Biaya Asuransi dan Biaya Lain (jika ada) pada setiap data order. Dengan mengaktifkan tombol toggle pada opsi tersebut.

4. Ongkos Pengiriman. Anda dapat memilih Ekspedisi pengiriman untuk menghitung secara otomatis biaya pengiriman.

Kami menyediakan 3 opsi yaitu:

  • Ekspedisi: layanan ekspedisi yang kami sediakan seperti JNE, POS, TIKI, WAHANA, JNT, dan SICEPAT.
  • Custom Ekspedisi: Jika layanan jasa pengiriman tidak tersedia pada sistem kami maka Anda dapat memilih Custom Ekspedisi lalu masukan detail seperti Nama ekspedisi, pake jasa dan biaya pengirimannya.
  • Gratis Ongkir: Kami juga menyediakan opsi Gratis Ongkir, Anda dapat memilih opsi ini jika memang tidak ada biaya pengiriman atau sedang dalam masa promosi.

Jika Anda memilih Ekspedisi yang kami sediakan, maka akan muncul pilihan ekspedisinya beserta detail paket dan biayanya. Selanjutnya Anda tinggal pilih layanan ekspedisinya kemudian klik tombol “Selesai” seperti pada gambar di bawah ini. (Layanan ekspedisi dapat Anda tentukan pada menu “Setting – Profile Brand”).

* Perlu dicatat bahwa tidak semua kota mendukung semua expedisi tersebut, Invent hanya menampilkan kota yang tersedia berdasarkan data yang ada.

5. Order Via. adalah sumber/media dimana datangnya orderan Anda. Hal ini untuk mencatat seberapa banyak orderan Anda di setiap media yang Anda gunakan sehingga Anda tahu seberapa efektifnya media tersebut terhadap penjualan.

Pertama, pilih medianya lalu. Kedua, masukan keterangan. Contoh: Media – Whatsapp. Keterangan – No Whatsapp. Jika Anda memilih Facebook sebagai media, maka masukan nama facebook Anda dalam keterangan.

6. Staff. Orang yang menginput/mencatat orderan (otomatis terditeksi) untuk mengetahui dalam laporan siapa yang mencatat orderan tersebut sehingga akan ketahuan jika ada kesalahan dalam penginputan.

6. Detail Orderan. Pada kolom sebelah kanan Anda dapat melihat detail orderan yang sudah Anda input sebelumnya Seperti Total Produk, Quantity, Berat, total bayar dan lain-lain. Disini Anda dapat mereview terlebih dahulu orderan Anda agar tidak terjadi kesalahan input.

7. Tangal Order. Silahkan Pilih tanggal orderan masuk.

8. Status Bayar. Kami menyediakan 3 opsi status pembayaran yaitu; Belum Bayar, Cicil (DP), dan Sudah Bayar. Jika Anda memilih Cicil (DP) atau Sudah Bayar, Maka akan muncul Bank tujuan pengiriman pembayaran. Kami juga menyediakan Opsi pembayaran Cash (Anda dapat memilih opsi ini jika Anda menerapkan sistem COD).

Jika Anda memilih Bank, maka akan muncul data bank sebagai metode pembayaran Anda. Pilih data bank lalu masukan tanggal transfer dan nominal pembayarannya.

9. Keterangan. Masukan keterangan order disini.

10. Save. Jika data yang Anda masukan sudah benar pilih “Simpan” untuk menyimpan data orderan Anda.

Data orderan yang sudah Anda simpan akan muncul di list penjualan.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *