Menambah Produk

Anda perlu meng-input-kan produk atau barang Anda sehingga Anda dapat mencatat dan mengelola orderan nantinya. Menambah produk dapat dilakukan dengan mengakses menu Produk > Tambah Produk, kemudian isi semua form yang diperlukan.

Pada halaman tambah produk Anda dapat mengisi formm yang telah tersedia. Mengenai penjelasan dari semua formnya adalah sebagai berikut :

Invent Tambah Produk
1. Nama Produk: Nama dari produk Anda yang akan ditambahkan.

2. Kategori: Kategori dari setiap produk yang ditambahkan. Misalkan Anda menjual Pakaian, maka kategori produk tersebut adalah Baju/Fashion. Anda dapat menambahkan kategori dengan mengklik Tombol PLUS atau ke menu Produk – Kategori Produk.

3. Jenis Produk: Jenis dari produk yang anda jual. Ada 2 kategori jenis produk yang kita sediakan, Barang Stok Sendiri atau Barang Supplier Lain.

  • Barang Stok Sendiri. Jika Anda menjual barang dengan menyetoknya terlebih dahulu maka pilih kategori ini. Setelah Anda memilih kategori ini maka selanjutnya pilih Brand/Nama Toko Anda. Anda dapat menambahkan Brand/Nama Toko Anda di menu Setting – Profile Brand.
  • Barang Supplier Lain. Jika Anda menjual barang dengan sistem Dropship maka pilih kategori ini. Setelah Anda memilih kategori ini maka selanjutnya pilih Supplier Anda. Anda dapat menambahkan Supplier Anda di menu Setting – Data Supplier.

4. Keterangan Produk: Penjelasan lebih detail dan menyeluruh mengenai produk yang ditambahkan.

5. Berat Produk: Tambahkan berat dari produkAnda, masukan dalam format Gram.

6. Produk Baru: Centang ini jika produk Anda adalah produk baru.

7. Produk Bekas: Centang ini jika produkAnda adalah produk bekas.

8. Varian: Jika produkAndaa mempunyai beberapa varian maka klik pada icon toggle maka akan muncul keterangan untuk menambahkan varian dari produk Anda. (lihat No. 14)

9. Harga Grosis: Fitur ini akan memudahkan Anda yang menerima orderan dalam jumlah yang banyak untuk produk yang sama (pembelian grosir). Anda cukup mengaktifkan toggle Harga Grosir, kemudian inputkan rentang jumlah item dan harga per satuannya.

Invent Harga Grosir

Invent Tabel Harga

10. Katalog: Anda dapat mengunggah gambar/foto produk yang ingin ditambahkan dengan ukuran gambar maksimal 3 MB.

11. SKU: SKU (Stock Keeping Unit) yang merupakan kode unik yang diberikan kepada setiap item produk baik yang dibeli maupun dijual. Fungsinya untuk mempermudah Anda untuk berjualan apabila memiliki produk yang cukup banyak.

12. Harga Pokok: Harga modal yang anda keluarkan saat membuat/membeli produk anda.

13. Harga Jual: Harga dari produk yang Anda jual. Jika anda menggunakan sistem Reseller maka anda dapat memasukan harga khusus reseller.

Harga Pokok dan Harga Jual produk wajib dimasukkan sehingga sistem dapat menghitung keuntungan Anda.

14. Keterangan Varian Produk: Jika Anda mempunyai banyak varian produk maka anda dapat memasukan detail keterangan varian dari produk Anda seperti warna atau pun size.

15. Stok Produk: Detail dari stok barang Anda. Ada 3 pilihan dalam tabel Stok Barang:

  • Selalu Tersedia: Jika anda memproduksi/menjual barang dengan stok tak terbatas maka anda dapat memilih opsi ini selanjutnya masukan jumlah stok anda.
  • Stok terbatas: Jika anda memproduksi/menjual barang dengan stok yang terbatas maka anda dapat memilih opsi ini selanjutnya masukan jumlah stok anda.
  • Stok habis: Jika Stok produk anda habis (tidak Anda jual lagi) maka anda dapat memilih opsi ini.
  • Note: jika Anda menerapkan sistem pre-order yang dimana belum ada stok, maka Anda tetap harus menambahkan jumlah stok atau kisaran barang yang akan di produksi. Karena ini tujuannya untuk alur stok jika ada penjualan terjadi.

16. Add varian: Tombol untuk menambah varian produk.

17. Staff: Orang yang menginput/menambah produk (otomatis terditeksi) untuk mengetahui dalam laporan siapa yang menginput produk sehingga akan ketahuan jika ada kesalahan dalam penginputan.

18. Simpan Produk: Jika anda sudah selesai mengisi semua form maka selanjutnya adalah menyimpan data anda dengan mengklik tombol “Simpan Produk.

 

Note: Sebelum menyimpan Produk, Pastikan data yang Anda masukan semua sudah benar. Agar tidak terjadi salah input data.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *