Tutorial dan Cara Pakai

Pengenalan Dashboard

Memulai


Dashboard adalah pusat control panel berplatform yang berfungsi untuk mengatur semua kegiatan di sebuah situs atau website.

Dalam sistem informasi manajemen, dashboard adalah alat untuk membaca, halaman sebuah situs, real-time user interface, menampilkan presentasi grafis status saat ini.

Sebagai contoh, sebuah dashboard Toko Online penjual pakaian mungkin menunjukkan angka yang terkait dengan produktivitas seperti jumlah produk baju atau bagian yang diproduksi, atau jumlah pemeriksaan laporan sampai dengan perhitungan pembukuan laporan bulanan toko online.

Untuk kepuasan pelanggan invent berusaha menampilkan dashboard yang mungkin sangat dibutuhkan customer.

1. Pengenalan Dashboard

Filur filter ini kelihatannya kecil, tapi fungsinya sangat besar dalam mempercepat mencari data yang kita inginkan.

– Filter: Anda dapat memfilter tampilan laporan di dashboard berdasarkan waktu, caranya tinggal klik pada box seperti di gambar di bawah ini kemudian pilih waktu yang Anda inginkan.

  • – Today: Tampilan laporan dashboard berdasarkan hari tersebut. Pilih opsi ini, jika Anda ingin laporan harian.
  • – Yesterday: Tampilan laporan dashboard berdasarkan hari kemarin. Pilih opsi ini, jika Anda ingin laporan hari kemarin.
  • – Last 7 Days: Tampilan laporan dashboard berdasarkan 7 hari kemarin (1 Minggu). Pilih opsi ini, jika Anda ingin laporan 7 hari kemarin (1 Minggu).
  • – Last 30 Days: Tampilan laporan dashboard berdasarkan 30 hari terakhir. Pilih opsi ini, lalu pilih tanggal yang Anda ingin tampilkan laporannya.
  • – This Month: Tampilan laporan dashboard berdasarkan bulan yang sedang berjalan. Pilih opsi ini, lalu pilih bulan sekarang yang Anda ingin tampilkan laporannya.
  • – Last Month: Tampilan laporan dashboard berdasarkan bulan-bulan sebelumnya. Pilih opsi ini, lalu pilih bulan yang Anda ingin tampilkan laporannya.
  • – Custom Range: Adalah tampilan laporan berdasarkan tanggal yang Anda inginkan. Pilih opsi ini, kemudian pilihan tanggal mulai dan tanggal akhir dari laporan yang ingin Anda tampilkan.

2. Laporan Bisnis

Sebagai seorang wirausaha laporan bisnis menjadi sangat krusial dalam berkembangnya sebuah perusahaan.

Dalam mengelola bisnis, laporan berperan sebagai informasi yang kita gunakan untuk melihat, memantau serta merencanakan kegiatan atau aktivitas bisnis yang dibutuhkan. Kita tidak bisa semata mengambil tindakan hanya berdasarkan perasaan atau perkiraan saja. Jika kita memiliki laporan yang lengkap dan akurat maka akan semakin mudah bagi kita dalam mengelola bisnis.

– Total Customer: Adalah jumlah seluruh data pelanggan Anda.

– Total Produk: Adalah jumlah seluruh data produk Anda.

– Total Order: Adalah jumlah seluruh penjualan/order Anda.

– Total Omzet: Adalah total laporan hasil penjualan selama periode tertenteu

– Net Sales: Laporan total hasil penjualan tidak termasuk ongkir, asuransi, dan biaya lain.

– Gross Profit: Laporan net sales setelah dikurangi harga pokok produk

3. Status Order

Tidak usah ribet cek sana cek sini, invent sudah menyediakan status order secara real time.

Lalu selanjutnya adalah tampilan status order. Adalah status dari setiap order/penjualan yang terjadi. Ada 6 status order di dashboard, yaitu:

  • – Order Hari Ini: Jumlah Order yang terjadi pada hari tersebut.
  • – Sudah Bayar: Jumlah total Order yang Sudah Bayar.
  • – Belum Bayar: Jumlah total Order yang Belum Bayar/Hanya pesan saja.
  • – Belum Dikirim: Jumlah total order yang belum Anda proses pengirimannya. (Atau Anda belum memasukan No Resi di Detail Order)
  • – Proses Pengiriman: Jumlah total Pesanan/produk sedang dalam proses pengiriman oleh kurir. (status akan otomatis berpindah kesini jika Anda sudah memasukan No Resi di detail order.)
  • – Komplit: Jumlah total Pesanan/produk yang sudah sampai ke pelanggan. (status akan otomatis berpindah kesini jika Anda sudah memasukan No Resi di detail order, dan pengiriman sudah sampai ke pelanggan )

4. Top Selling Item

Invent juga menampilkan Top Selling Item selama penjualan, dan  itu dapat mempermudah pelaku usaha dalam menganalisis bisnis atau produk mereka.

Top Selling Item: Adalah daftar produk yang memiliki penjualan paling banyak.

5. Statistik

Laporan yang berbentuk graphic untuk memudahkan Anda membaca perkembangan bisnis Anda. Dalam graphic Anda dapat melihat 2 Data, yaitu: Statistik Penjualan dan Laporan Omset.

Memiliki Dashboard yang lengkap merupakan salah satu asset perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Tidak menemukan jawaban yang dicari? Kami di sini untuk membantu Anda.
Shopping Basket